Thursday, February 7, 2013

Superheroes (2011)

Sebutkan saja nama-namanya. Spider-man, Iron-man, Super-man, The Avengers, dan begitu banyak nama-nama tokoh superhero yang pasti pernah kita tonton di layar lebar. Mereka semua adalah tokoh-tokoh dengan kekuatan super yang keren dan membasmi kejahatan. Pertanyaannya, bagaimana jika manusia-manusia super itu benar-benar nyata?

Baru-baru ini saya menonton sebuah film dokumenter berjudul "Superheroes". Buat saya, film yang dirilis tahun 2011 karya Mike Barnett ini sangat menarik! :D Dikemas dalam bentuk action-comedy, film ini  bercerita tentang kehidupan mereka yang disebut sebagai real-life superhero. Orang-orang biasa yang mengenakan kostum, keluar di tengah malam, dan mencari-cari penjahat yang hendak ditumpasnya. Mereka bahkan memiliki nama mereka masing-masing. Ada Mr. Xtreme, Master Legend, Thanatos, dan sebagainya. Selain plot cerita yang menarik, selingan narasi yang dikemas dalam bentuk komik ala Marvel dalam film ini sangat menghibur. Menolong saya yang sering mati kebosanan menonton film dokumenter (hehe).



Ada di antara mereka yang terlihat sangat keren dengan otot dan keahlian mereka berkelahi. Ada juga yang terlihat konyol. Namun ternyata masing-masing dari mereka benar-benar serius menjalaninya. Ada alasan kuat yang mendorong mereka untuk melakukannya. Berbagai cerita, berbagai latar belakang. Yang menarik bagi saya adalah beberapa di antara mereka "lahir" menjadi superhero adalah karena seorang bernama Kitty Genovese. Korban pemerkosaan dan pembunuhan pada tahun 1964. 38 saksi. Dan tidak seorang pun yang menolong. Sebuah cerita yang menggemparkan dunia saat itu. Seorang wanita yang tidak mereka kenal, namun mampu menyadarkan mereka untuk bangun dari mimpi masyarakat apatis, dan melakukan sesuatu. Sekalipun mungkin ada yang terlihat sangat sepele, tapi hei... setidaknya mereka melakukan sesuatu. 

Kitty Genovese



"People got mistake cause they think there's something in this world. When actually, there's something in another world" - Master Legend

"I don't have superpower. But superhero is real. It is not about your costume. It's about your heart and what you do" - Mr. Xtreme

"There is superhero in everyone of us. We just need to let it out" - Thanatos


So.. Are you ready to become superhero in your own way? :)

2 comments:

Alvin Steviro said...

Ha? ini dokumenter, Hed? cult atau public?

Unknown said...

Iya dokumenter. Pernah masuk HBO kayanya. Kenapa emg? Apa tuh cult dan public? Hahah