Saturday, January 28, 2012

The Unfair World

Seringkali dunia gak sesuai apa yang kita mau. Kita juga gak bisa atur dunia untuk turutin semua mau kita.
Tapi kalo dunia ini gak adil, boleh kan kita sesaat berteriak menumpahkan kekesalan kita?

Sebentar lagi Januari abis, sebentar lagi gw hadepin UN di bulan April. Berbagai-bagai liburan, kelas tambahan, pr2 dan sebagainya cukup bikin gw was-was gak ada waktu lagi buat persiapan UN, apalagi SNMPTN. Wajar dong gw was-was. Temen-temen di skolah lain udah pada TO, malah ada yang udah bimbel 1 tahun. Gw? Buka buku aja belom woi...

Tapi keadaan sekitar gw alias sekolah gw, bikin gw heran bgt. Rasanya cuma gw yang niat-niatin kerjain soal2, cari buku di perpus, bikin ringkasan dari kelas 1-3 (wajar dong gk ikutan bimbel). Bayangin aja, gw pulang jam 2.40 tp pulang ke rumah jam 5.00 karena gw belajar dl di perpus (krn di rumah gw tau gw gak bisa belajar). Lama-lama gw heran dan berasa bodoh. Berasa gw ini freak bgt. Sampai akhirnya di salah satu kesempatan ulangan Geografi yang bahannya bahan UN, gw dapet 7, tmn gw ada yang dapet 5 dan dia teriak "YEESS masih lulus UN!". Dan gw tau bgt dia santai leha-leha. Ya, dia bener, dia masih lulus UN dengan persiapannya yang nol. Well, gw berasa bodoh...

Sebelum persiapan-persiapan UN yang membosankan...
Sekolah gw kasih tugas bikin paper kelulusan (macem skripsi laa). Itu bikinnya susaaahhh bukan maen. Gw kebut mati2an begadang berhari-hari kejar deadline kumpul. Gw kerjain sebaik apa yang gw bisa. Sebenar-benarnya aturan dan koreksi yang dikasi ke gw. Dan rasanya cm gw yang udah selesai tgl 16 Desember, deadline waktu itu. Sampai sekarang? gak ada kabar. Temen-temen dengan enaknya bilang "batalin aja laah... udah mau UN". Gw rasa sekolah juga gak akan tega untuk siksa anak-anak yang bahkan ada latar belakang pun beloman. Well, i agree. Daripada urus paper mendingan UN. But... How about me? Well again.. Gw berasa bodoh..

Gw gak pengen belajar. Yang gw pengen adalah belajar apa yang gw mau plajari. Baca buku sepuas yang gw mau tanpa perlu kerjain kerjaan sekolah. Leha-leha seperti yang gw mau tanpa perlu mikirin urusan OSIS. Gw pengen lakuin apa yang gw mau tanpa perlu bertanggung jawab. Gw pengen rasain namanya bekerja seingetnya, bukan sebaik-baiknya. Gw pengen jadi sekitar gw, jadi mereka.Toh, tetep ada orang di bumi ini yang se-freak itu.

Tapi gw inget kenapa gw kerja sebaik-baiknya. Inget untuk apa gw kerja. Sekalipun kerjaan gw gak dianggep demi org2 lain yang gak kerja, I have something that they don't have. Gw punya PROSES yang belum dipunyai yang lain. Gw belajar. Karena belajar bukan hasil, tapi proses.  Well.. Kalo memang gw freak, so be it. Karena gw tau 'freak' menurut siapa dan 'bener' menurut Siapa. I live in this unfair world. But then again, I have received my portion - precious portion.

9 comments:

Alvin Steviro said...

Excuse me Miss, where's the like button? :)

Heidy Angelica said...

hahah... ada2 aja loe.. apanya yg mau di like cobaa.. like penderitaan gw ya? wkwkk

Alvin Steviro said...

nggak lah.. jahat bener. wahahaha..
i like the way you write all the hard stuffs in the beginning instead of the point of the writing.
and suddenly *boom!* the last few sentences give a total counter of the whole writing that the writing is wholly enclosed without "an open ending".
technically and contextually accurate. :)

Heidy Angelica said...

wow.. lu teliti begete.. gw gak kepikir malah.. :(
thanks yaaa :D

Alvin Steviro said...

ckckck.. nulisnya full afeksi sampe nggak kepikiran yah.
hahahahaa..
sama-samaa~ :)

DoctoKid said...

Hi Heidy, apa kabar? sudah lama tidak berkunjung ke blog mu. Kelihatannya tokoh dalam cerita sedang mengalami masalah berat ya? haha...well, kalau tidak keberatan, mungkin ada sedikit pandangan dariku mengenai apa yang tertulis di atas...:)

yang pertama; di mana ada beberapa orang yang tidak hanya melakukan sesuatu tetapi lebih dari itu mereka memberikan usaha yang terbaik dalam menyelesaikannya hanya untuk satu alasan "kualitas". Bagiku, mereka itu unik, tidak banyak, memiliki tanggung jawab, dan integritas yang luar biasa.

yang kedua; banyak orang mencoba untuk menentukan bahwa apa yang mereka lakukan harus mendapatkan reward yang mereka harapkan dalam waktu yang mereka inginkan. namun ketika itu tidak terjadi, mereka menjadi kecewa dan menurunkan "standard" pekerjaan mereka. "Buat apa capek2 kerjain paper, toh juga ga dilihat." haha...namun jarang ada yang berpikir bahwa sebenernya reward mereka adalah sebuah kualitas karakter profesional yang luar biasa yang akan dicari dan dibayar mahal oleh perusahaan-perusahaan dikemudian harinya ketika mereka memasuki masa bekerja.

jadi, jika boleh disimpulkan....she or he in the story above has done a good job and make an investment to her/his self, keep it up! It is priceless...

Anyway, it is just like usuall, nice writing...like it!!:)

MY

Heidy Angelica said...

haha.. fine.. hbu? masih keliling kota2? wkwk
:)
thanks..

DoctoKid said...

I'm good...nope...I'm preparing my master degree administration requirement now :)
...

Heidy Angelica said...

hoyaa? ambil apaa? wah, gk bakal ketemu di kreta lg dong ya? aman2.. wkwk