Tuesday, June 21, 2011

You are Big because of Your Dream

Hari ini gw ikutan tes bakat yang disaranin nyokap gw. Katanya tes dari sidik jari. Dari awal gw ogah-ogahan. Setelah tau kalo bayarnya mahal dan gak masuk akal, gw gak mau. Tapi udah terlanjur bayar, jadi ya jadilah gw ikut tes hari ini. Bete banget dahh.. Apalagi gw di tes sama anak SD kelas 1 dan 4. Beuhhh.. =.=

Gw gak percaya sama yang namanya tes bakat, tes psikologi, dan sebagainya. Well, melihat kurang lebih kepribadian seseorang ok lah. Tapi kalo sampe hasil tes itu menentukan keseluruhan kepribadian kita, itu salah banget buat gw. Tes yang kita kerjakan dihitung nilainya, lalu kita sebagai manusia yang kompleks dan kaya ini dikotak-kotakkan begitu saja ke bakat ini dan itu. Sangat mereduksi yang namanya manusia, bukan?

Coba sekarang kita lihat, apa sih tujuan kebanyakan orang ikutan tes bakat ini? Biasanya biar bisa mengarahkan diri atau mencari pekerjaan yang cocok dan gak bingung-bingung lagi karena ada pegangan hasil tes bakat itu. Mau gak mau kita harus mengakui kita percaya sama apa yang dikatakan oleh tes bakat itu. Tapi apa bener kita pilih jurusan sekolah, jurusan kuliah, ato kerjaan sesuai sama bakat kita? Ya dan gak.

Kenapa kerja haru sesuai dengan bakat kita? Biar beres? Kalo kerjaan beres, memangnya kenapa? Belum tentu kita mendapat kepuasan hati dalam mengerjakannya. Sekalipun kerjaan beres agar kita diperhatikan, sukses, dapet banyak duit, dsb. Tetep aja gak jamin kita bakal puas, seringkali ada kekosongan dalam hati mengenai hal ini.

Buat gw, namanya kerjain sesuatu selain karena passion, harus ada tujuan/visi yang jelas yang bukan berakhir untuk kita sendiri. Segala sesuatu yang susah banget, menderita, dan lama, gak bakal menyiksa kita kalo kita lakuin itu semua dengan passion. Kita tau hal itu adalah bagian dari kita, hidup kita, bahkan mungkin kita bisa bilang "gw gak bisa kalo gak kerjain itu". Tapi tentu aja gak menutup diri kita untuk belajar mengenal hal-hal lain. 

Tapi passion tidak cukup memuaskan kita. Harus ada visi jelas yang bukan untuk kepentingan diri kita sendiri. Kebanyakan orang menyebutnya suara hati, panggilan, atau panggilan hati. Bahkan tidak perlu passion yang kuat, jika seseorang menjalankan panggilannya dengan benar maka hidupnya akan berkelimpahan. Manusia tidak akan memperoleh kepenuhan hidupnya tanpa membagikan dirinya untuk orang lain, untuk Tuhan. Sebut saja seorang guru yang mendirikan sekolah gratis di kuburan karena ingin memajukan pendidikan bangsa. Dia tidak mementingkan dirinya sendiri. Pasti begitu banyak kesulitan yang dihadapinya, bahkan ia tidak digaji sepeserpun namun mengembangkan sekolah itu sampai memiliki bangunan sendiri. Tapi saya yakin hidupnya penuh dengan kelimpahan dan berkobar-kobar. Panggilan ini adalah satu rumah yang akan membuat kita nyaman sekalipun rumah itu kecil dan tidak mewah. Kemanapun kita pergi, kita akan selalu tahu dimana rumah kita dan merindukan rumah kita.

Jadi... Apapun bakat gw di 'raport' gw minggu depan, gak akan ubah mimpi dan niat gw jalanin panggilan hidup gw. Untuk bangsa, negara, dan Tuhan. :)

2 comments:

DoctoKid said...

plok2.....hahaha nice....

"My God is my limit"

MY

Heidy Angelica said...

thanks.. :D